8a_Modul Ajar Informatika Kelas 8

 

Salam Sobat Syifa Huriyah

Perangkat pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka terdiri dari modul ajar, bahan ajar, dan modul projek yang digunakan oleh guru dan siswa untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila. Salah satu yang masuk dalam kurikulum Merdeka yaitu modul ajar Informatika kelas 8 semester 1 dan 2. 

Modul ajar adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Modul ajar ini serupa dengan RPP, tetapi rinci dan lebih lengkap sehingga sering disebut sebagai RPP+.

Bahan ajar merupakan materi pembelajaran untuk membahas satu pokok bahasan, dapat berupa cetak (artikel, komik, infografis) maupun noncetak (audio dan video). Sementara itu, modul projek adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran dan asesmen yang isinya berupa tema-tema yang sesuai.


Setiap guru wajib mempersiapkan perangkat ajar sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas agar dapat memenuhi Capaian Pembelajaran (CP). Kebijakan terkait Kurikulum Merdeka dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada Februari 2022.


Kurikulum pendidikan ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga SMA. Kurikulum Merdeka bertujuan memodifikasi pendidikan dan menciptakan sumber daya manusia yang bermutu.


Bagi siswa atau siswi kelas 8 yang akan memulai tahun ajaran baru, Kemendikbudristek juga telah menyiapkan perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran Informatika. Tujuan adanya mata pelajaran Informatika kelas 8 yaitu untuk membentuk pola pikir komputasional sebagai salah satu literasi baru yang sejalan dengan literasi digital.


Mata pelajaran Informatika berguna untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan era Masyarakat 5.0. Informatika merupakan disiplin ilmu yang wajib dikuasai. Oleh karena itu, pelajaran informatika aspek praktisnya perlu diajarkan sedari dini.


Buku Informatika Kelas 8 disediakan untuk siswa dan guru yang lengkap dengan panduan mengajar. Berikut tema yang bakal dipelajari siswa kelas.

Bab 1. Informatika dan Pembelajarannya


Bab pertama ini bakal berisi tentang ruang lingkup mata pelajaran Informatika dan profil Pelajar Pancasila serta cara belajar Informatika. Materi tentang cara belajar Informatika ini akan terdiri:


•Materi tentang Konsep Informatika

•Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata 

• Aktivitas yang Dirancang pada Setiap       Bab 

•Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan         Mengoneksikan Pengalaman

•Pentingnya Minat dan Motivasi


Selain itu, siswa kelas 8 juga akan mempelajari tentang kilas balik mata pelajaran Informatika kelas 7 dan materi yang bakal dipelajari di kelas 8.


Bab 2. Berpikir Komputasional


Siswa kelas 8 bakal mempelajari beberapa topik di bab 2, mulai dari Himpunan hingga Konversi Bilangan Oktal Menjadi Bilangan Desimal. Berikut deretan topik yang terdapat pada Bab 2 buku Informatika kelas 8:


•Himpunan

•Sistem Bilangan

•Ilustrasi Sistem Bilangan

•Timbangan Digital

•Tas dan Logam Mulia Batang


Analisis Soal Tas dan Logam mulia Batang dan Kaitannya dengan Timbangan Digital


•Konversi Bilangan Desimal menjadi Bilangan Biner dan Oktal

•Konversi ke Bilangan Biner

•Konversi ke Bilangan Oktal

•Konversi Bilangan Biner dan Oktal menjadi Bilangan Desimal

•Konversi Bilangan Biner Menjadi Bilangan Desimal

•Konversi Bilangan Oktal Menjadi Bilangan Desimal

•Algoritma

•Struktur Data


Bab 3. Teknologi Informasi dan Komunikasi


Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi adalah salah satu topik yang bakal dipelajari. Pada topik ini, siswa akan mempelajari beberapa hal yakni:


•Objek Aplikasi

•Fitur Aplikasi

•Antarmuka Aplikasi

•Fitur Cut, Copy, dan Paste

•Screen Shot dan Snipping Tools

•Studi Kasus: Analisis Objek dan Fitur Aplikasi Pengolah Kata Analisis/Bedah Aplikasi Pengolah Kata


Selain itu, siswa kelas 8 juga akan mempelajari topik tentang Pembuatan Laporan, Merangkum Narasi dari Konten Digital dan Laboratorium Maya.


Laboratorium Maya adalah laboratorium yang dibuat secara maya dengan menggunakan komputer. Laboratorium ini berdiri sejak 1997 dengan nama Virtual Laboratory of Physiology. Siswa dapat mengakses laboratorium virtual ini melalui di https://vlab.belajar.kemdikbud.go.id/.Berikut ini beberapa pilihan laboratorium maya:


•Laboratorium Maya Phet

•NOVA Labs

•The Concord Consortium

Bab 4. Sistem Komputer


Bab 4 akan berisi tentang Komponen Sistem Komputer. Siswa bakal mempelajari tentang beberapa hal, sebagai berikut:

•Perangkat Keras (Hardware)

•Perangkat Lunak (Software)

•Sistem Operasi

•Perangkat Lunak Aplikasi

•Perangkat Lunak Pemrograman


Selain itu, siswa juga bakal mempelajari tentang Pengalamatan Memori. Ketika Anda menyimpan data seperti pekerjaan atau tugas di laptop atau komputer, terdapat mekanisme yang disebut memory addressing.


Komputer bakal menampilkan alamat memori dalam sistem bilangan heksadesimal. Oleh sebab itu, sebelum memahami mekanisme pengalamatan memori, siswa harus memahami terlebih dahulu beberapa hal di bawah ini:


•Sistem Heksadesimal

•Pengalamatan Memori dengan Heksadesimal


Bab 5. Jaringan Komputer dan Internet


Saat ini, jaringan komputer dan internet memiliki peranan yang sangat penting. Melalui jaringan komputer, Anda dapat melakukan komunikasi data antara satu komputer dengan komputer lain atau ponsel pintar. Bab Jaringan Komputer dan Internet bakal berisi tentang beberapa bahasan, sebagai berikut:


•Jaringan Lokal

•Jaringan Internet

•Konfigurasi Jaringan Komputer

•Routing pada Jaringan Komputer

•Web Phishing

•Setting Keamanan pada Browser


Bab 6. Analisis Data


Siswa akan mempelajari cara mengolah data dan membuatnya menjadi data yang ringkas dan mudah dipahami, atau yang biasa disebut peringkasan data. Peringkasan data adalah salah satu penerapan dari konsep abstraksi dalam berpikir komputasional. Beberapa hal yang bakal dipelajari yaitu:


•Pencarian Data

•Pencarian Data dengan Fungsi Lookup

•Pencarian Data dengan Fungsi Reference

•Visualisasi Data

•SUMIFS dan COUNTIFS

•Pivot Table Satu Dimensi

•Pivot Table Dua Dimensi

•Tantangan - Pencarian Data

•Tantangan- Peringkasan dan Visualisasi Data

•Tantangan - Pengelolaan Data


Bab 7. Algoritma Pemrograman


Komputer harus diprogram terlebih dahulu agar dapat membantu manusia menyelesaikan berbagai persoalan. Melalui program ini, komputer akan mampu menjalankan instruksi tertentu.


Instruksi ini tersusun dari berbagai komponen seperti variabel, ekspresi logika, percabangan, perulangan, dan lain-lain. Komponen tersebut diwujudkan menjadi blok visual, dan dikenalkan melalui pemrograman visual seperti Scratch dan Blockly. Untuk memahami Algoritma Pemrograman, berikut beberapa hal yang harus dipelajari siswa kelas 8.


•Kode Control, Input, dan Variable

•Kode Custom Block

•Pengantar Blockly Games dan

•Eksplorasi Puzzle Maze

•Eksplorasi Blockly Games Music

•Eksplorasi Sprites dengan Blockly

•Variabel

•Percabangan

•Pengulangan

•Modul Tambahan - Bermain dengan Robot Ozobot


Bab 8. Dampak Sosial Informatika


Berikut ini beberapa topik yang bakal dipelajari di Bab 8 Buku Informatika kelas 8:


Media Sosial

•Klasifikasi Media Sosial

•Dampak Media Sosial


Mengkaji Kritis Informasi Media Sosial


•Mengembangkan Pemikiran Kritis

•Memeriksa Sumber Informasi

•Melakukan Check and Recheck dari Liputan Lain

•Cek Validitas Gambar

•Gunakan Akal Sehat


Cyberbullying


•Perlakuan Cyberbullying

•Tanya-Jawab Seputar Perundungan Dunia Maya

•Bagaimana menentukan seseorang sedang dirundung atau masih dalam konteks bercanda?

•Dampak apa yang dapat diakibatkan oleh perundungan dunia maya?

•Bagaimana jika kalian dan teman kalian menjadi korban cyberbullying?

•Bagaimana kita menghentikan cyberbullying tanpa menghindari akses ke internet?

•Bagaimana cara mencegah informasi pribadi agar tidak digunakan untuk memanipulasi atau mempermalukan kita di media sosial?


Bab 9. Praktik Lintas Bidang


Bab 9 buku Informatikan ini bakal berisi tentang Media Interaktif Lempeng 


Bumi yang terdiri dari Media Interaktif Lempeng Bumi dan Media Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia. Siswa juga akan mempelajari Mesin Hitung Uang Koin dan Modifikasi Tampilan Mesin Hitung Uang Koin. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

9a_Informatika MTsN Bagian 2 dari 2

9a_Pekan Maulid Nabi 2024

8a_Suasana Depan Ruang Gedung MTsN 2 Sampang